Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Bandwdith

PERBEDAAN INTERNET DEDICATED DAN UP TO BANDWDITH

Koneksi Internet yang cepat dan stabil dapat mengoptimalkan kegiatan operasional suatu perusahaan. Namun, tak sedikit perusahaan yang keliru dalam memilih layanan Internet sebab kurangnya pengetahuan akan spesifikasi Internet dedicated yang berbeda-beda. Kesalahan inilah yang dapat berdampak buruk.

 

Apabila Internet yang telah dipasang di kantor nyatanya tak cukup untuk memfasilitasi semua pemakainya.Untuk menghindarinya, perusahaan perlu memahami kelebihan dan kekurangan jenis-jenis koneksi Internet yang ditawarkan penyedia layanan Internet. Ada dua jenis koneksi yang banyak digunakan, yakni broadband (sharing bandwidth) dan dedicated.

 

Perbedaan Antara Jaringan Internet Dedicated Bandwidth dan Up To Bandwidth

Setidaknya ada 2 jenis jaringan internet yang banyak di jual di Indonesia. Yakni dedicated banwidtgmhdan Up To (Shared) Bandwidth. Dua jenis jaringan ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang belum tahu perbedaan dari kedua jaringan internet ini, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

 

  1. Up To Bandwidth (Shared)

Jaringan internet jenis up to (shared) bandwidth merupakan jenis jaringan yang biasa digunakan untuk internet rumahan. Sebab internet yang di sediakan oleh ISP tersebut di bagi sesuai ketentuan yang sudah diatur oleh penyedia ISP tersebut.

Di Indonesia sendiri, jenis Up To ini berbading 1:4 dan ada pula yang berbanding 1:8, yang artinya koneksi internet yang di hantarkan ke rumah Anda nantinya akan di bagi dengan 4 hingga rumah atau bahkan lebih.

Jadi misal Anda berlangganan internet up to 10 Mpbs. Anda tak akan mendapatkan 10 Mbps tersebut secara penuh, karena bandwidthnya masih dibagi dengan jumlah rumah yang turut serta berlangganan internet yang sama dalam satu wilayah.

Kondisi yangnseperti ini, umumnya akan berdampak terhadap kecepatan akses internet Anda. Maka dari itu jangan heran, apabila pada siang hari koneksi internet Anda lambat, tetapi ketika malam hari koneksi internetnya justru lebih cepat.

Itu berarti, pada malam hari tidak ada pengguna di perumahaan lain yang sedang memakai internet, jadi Anda bisa mendapat bandwidth yang lebih banyak. Jenis up to (shared) bandwidth ini memiliki harga paket bulanan yang sangat terjangkau. Itu sebabnya, banyak perusahaan yang pasang jaringan internet jenis ini dan akhirnya merasw kecewa karena koneksi internetnya lambat dan tidak stabil. Sampai-sampai membuat kegiatan operasional perusahaan terganggu.

PERBEDAAN INTERNET DEDICATED DAN UP TO BANDWDITH MANA YANG TERBAIK
PERBEDAAN INTERNET DEDICATED DAN UP TO BANDWDITH MANA YANG TERBAIK
  1. Dedicate Bandwidth

Jaringan internet dedicated bandwidth ini berbeda dengan up to (shared). Jaringan ini lebih baik bila digunakan untuk operasional kantor, mengapa? Karena koneksi internet atau bandwidth yang akan Anda dapatkan sesuai dengan paket berlangganan internet yang diambil.

Misalnya, perusahaan Anda memilih berlangganan jaringan internet berjenis dedicated bandwdith 2 Mpbs. Bandwidth yang akan Anda dapatkan tetap sebesar 2 Mbps, tanpa di bagi dengan kantor-kantor yang ada di sekitaran kantor Anda.

Itulah mengapa dedicated jauh memiliki koneksi internet yang cenderung cepat dan stabil. Sebab bandwidth yang mereka dapatkan pun sama dengan paket yang diambil, dan bandwidth tersebut hanya digunakan oleh perusahaan tersebut. Berbeda dengan up to, dedicated memiliki jaringan internet dengan rasio berbanding 1:1.

PERBEDAAN INTERNET DEDICATED DAN UPTO BANDWIDTH MANA YANG TERBAIK
PERBEDAAN INTERNET DEDICATED DAN UPTO BANDWIDTH MANA YANG TERBAIK

 

Ketidaktahuan perusahaan tentang jenis internet ini akhirnya membuat banyak perusahaan menggunakan jaringan internet berjenis up to untuk perusahaan meteka. Sebenarnya bukan salah dari penyedia internet providernya, apabila terjadi hal seperti ini.

Dengan adanya informasi tentang perbedaan jaringan dedicated dan upto bandwidth di atas, semoga perusahaan Anda tak lagi salah dalam memilih ISP, agar operasional kantor dapat berjapan dengan baik tanpa terkendala kecepatan dan kestabilan jaringan.