Perbedaan Karakteristik Internet Dedicated dan Broadband sebagai Provider Internet Kantor anda

Perbedaan Karakteristik Internet Dedicated dan Broadband sebagai Provider Internet Kantor anda

 

Di era digital seperti saat ini, teknologi semakin terus berkembang dengan pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan masyarakat pada umumnya. Selain itu, koneksi internet bukan lagi kebutuhan lux , melainkan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Sebagai contoh, internet dedicated sudah banyak digunakan, baik itu dalam dunia bisnis, perdagangan, manufaktur dan lain sebagainya.

 

 

Adapun terdapat dua jenis koneksi internet yang perlu Anda ketahui diantaranya yaitu sharing bandwidth atau broadband dan juga koneksi dedicated. Memang hingga saat ini, kedua jenis koneksi internet tersebut masih terdengar asing. Terlebih lagi, harganya yang relatif tinggi ketimbang koneksi internet broadband. Lalu, apa saja perbedaan karakteristik antara internet Broadband dan Dedicated ?

 

 

Secara General

Penting untuk Anda ketahui bahwa koneksi broadband memiliki kecepatan yang cenderung tidak selalu konstan dengan angka yang tertera pada brosur. Hal ini dikarenakan karakteristik broadband itu sendiri yakni sharing bandwidth. Dimana artinya bandwidth yang disalurkan akan digunakan secara bersamaan dengan pengguna lainnya atau biasa dikenal sebagai contention ratio.

 

 

Hal tersebut menandakan bahwa cukup jarang bagi Anda untuk mendapatkan kecepatan maksimal sesuai yang dijanjikan. Akibatnya, kecepatan internet akan menjadi fluktuatif dan tidak terjamin. Sedangkan, pada koneksi dedicated kecepatannya cenderung cukup baik dan stabil.

 

 

Perbandingan Karakteristik Internet Dedicated VS Broadband

Lain halnya dengan koneksi Broadband, koneksi Dedicated biasanya menawarkan kualitas layanan yang lebih baik dengan jaminan yang signifikan. Berikut ini adalah karakteristik dari Internet Dedicated yang perlu Anda ketahui, antara lain.

 

 

Bandwidth Simetris

Koneksi dedicated juga menawarkan bandwidth simetris yang menjamin kecepatan unduh atau download serta upload Anda setara dan sesuai dengan paket berlangganan yang Anda miliki. Sebagai contoh, Anda berlangganan paket internet dedicated sebesar 5 Mbps. Hal ini menunjukkan bahwa secara konstan Anda akan selalu memperoleh kecepatan upload sekitar 5 Mbps dan juga donwload sebesar 5 Mbps.

 

 

Ratio 1:1 / internet 1 banding 1 / CIR 1 banding 1

Pastinya Anda pernah menjumpai hasil speedtest yang cenderung menunjukkan angka yang besar, namun kenyataannya koneksi Anda lambat? Ya, hal ini biasanya disebabkan oleh bandwidth yang ditampilkan adalah bandwidth ketika mengakses backbone ISP. Hal ini membuat angka yang ditampilkan pada speedtest adalah bukan sepenuhnya yang Anda peroleh pada network.

Lain halnya dengan broadband yang menekankan penggunaan kata ‘hingga’, koneksi dedicated ini menawarkan jaminan bagi Anda, dimana Anda akan selalu mendapatkan bandwidth sesuai dengan kapasitas paket berlangganan yang Anda miliki selama kurang lebih 24 jam penuh.

 

 

Backup Upstream

Sebagai pengguna yang bijak, Anda harus tahu bahwa tidak semua ISP menyediakan fasilitas ini. Namun, InternetKantor.id menawarkan jaminan backup upstream hingga 100% bandwidth guna memastikan bahwa bisnis Anda tetap terhubung dengan internet selama 24 jam penuh meskipun kondisi link utama sedang mengalami gangguan.

 

Perbedaan Karakteristik Internet Dedicated dan Broadband sebagai Provider Internet Kantor anda

 

Jaminan SLA

Selanjutnya, jika Anda menggunakan koneksi dedicated, maka Anda juga akan memperoleh jaminan SLA (Service Level Agreement) seperti latensi, kuota waktu down, dan lain sebagainya. Dimana hal ini dapat semakin menjamin ketersediaan koneksi internet Anda. Selain itu, kompensasi yang ditawarkan jika SLA tidak dipenuhi pun bervariasi, contohnya pengembalian sebagian biaya langganan dan lain sebagainya

 

 

After Sales Handal

Selanjutnya, tidak hanya support 24 jam saja yang banyak dijumpai pada ISP lainnya, D~NET juga menawarkan fasilitas Customer Relationship Management yang berfungsi untuk membantu Anda dalam berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan layanan.

 

 

Selain itu, tersedia juga fitur Dashboard untuk memantau layanan secara realtime dan mudah, serta ada juga sistem monitoring handal yang berfungsi untuk mendeteksi gangguan secara dini.