Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
Kebutuhan Internet yang Ideal untuk Kantor atau Perusahaan

Kebutuhan Internet yang Ideal untuk Kantor atau Perusahaan

Saat ini, dimana Sebagian besar industri telah mengubah gaya manajemen bisnis yang mereka jalankan, yang semula hanya menggunakan cara lama atau konvensional, kini sudah mulai menggunakan teknologi yang sudah terintegrasi.

Perubahan-perubahan semacam itu tentunya akan mendorong daripada masing-masing perusahaan untuk memiliki koneksi internet yang stabil demi menunjang kebutuhan bisnis yang mereka Kelola.

Lalu, apa saja yang menjadi kebutuhan yang dianggap ideal mengenai kebutuhan akan akses internet sebuah perusahaan serta apa saja indikator yang mempengaruhinya.

Aplikasi dan Software yang Digunakan

Sekarang ini, sudah hampir seluruh perusahaan memiliki  aplikasi ataupun software khusus untuk semakin mempermudah segala aktivitas sebuah perusahaan.

Dimana, antara divisi yang satu dengan divisi yang lain pastinya memiliki software yang berbeda, yang tergantung dari tugas juga tingkat kebutuhan masing-masing divisi itu sendiri.

Sebagai contoh, divisi Human Resources (HR) memiliki software yang dikelola seorang operator ataupun penggunanya untuk mengatasi semua kebutuhan daripada HRD, dari data karyawan sampai pada proses pembayaran gaji atau masalah keuangan.

Agar nantinya software kantor tersebut dapat bekerja dengan lebih maksimal lagi, maka dibutuhkan internet yang stabil, yang mana, kebutuhan tersebut didasari pula oleh jumlah software yang sudah berbasis cloud.

Semakin banyak dan besar software yang digunakan,maka akan diperlukan kapasitas internet yang cukup besar pula.

Kebutuhan Internet yang Ideal untuk Kantor atau Perusahaan corporate
Kebutuhan Internet yang Ideal untuk Kantor atau Perusahaan corporate

Pertimbangkan Jumlah Pengguna Internet untuk di Kantor

Untuk mengetahui besarnya tingkat kebutuhan internet yang dianggap ideal bagi sebuah kantor tidak bisa hanya dilihat dari besaran software maupun aplikasi yang digunakan, akan tetapi, juga harus menghitung jumlah pengguna di kantor tersebut.

Cara tersebut dianggap sangat berpengaruh sekali terhadap pembagian bandwidth, yang mana, pengguna internet aktif bisa dilihat dari banyaknya perangkat, seperti laptop, maupun PC, serta peralatan lainnya yang juga terkoneksi dengan internet.

Bandwidth yang Cukup untuk Menunjang Bisnis

Bandwidth dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam hal penggunaan kebutuhan internet sebuah perusahaan, itu artinya, semakin besar bandwidth yang kalian miliki, maka akan semakin bertambah cepat pula koneksi internetnya.

Satuan bandwidth menggunakan hitungan bit per second atau biasa disingkat juga dengan bps, semisal koneksi internet yang kalian gunakan adalah 100 Mbps, maka nilai tersebut sama dengan  koneksi internet yang mampu mentransfer hingga nilai maksimal sebesar 100 juta bit data per detiknya.

Lalu, bagaimana cara mengukur sebuah bandwidth?

Untuk hal tersebut, kita bisa mengumpamakannya dengan penggunaan pipa air, dimana, semakin besar pipanya, maka saluran airnya tersebut akan semakin lancar.

Mencari tahu besar tidaknya sebuah bandwidth bisa dilihat dari media transmisinya yang kini semakin beragam, seperti kabel optik, wireless, dan juga satelit.

Adapun, untuk menghitung bandwidth untuk kebutuhan internet yang dianggap ideal untuk sebuah kantor bisa dilakukan dengan cara : jumlah pengguna dikali batas bandwidth dalam satu perangkat.

Tingkat kebutuhan internet yang besar yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan mengharuskan kalian untuk lebih teliti lagi dalam memilih penyedia layanan / provider internet yang dapat memberikan layanannya secara maksimal seasuai kebutuhan perusahaan. Semoga bermanfaat,…

 

Kontak Kami