Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
Beragam Jenis Kecepatan Akses Internet Kantor kita

Beragam Jenis Kecepatan Akses Internet Kantor

Agar kalian bisa terhubung ke internet kantor dengan cepat dan lancar tidak hanya dibutuhkan kuota serta perangkat pendukungnya saja, akan tetapi juga harus mengetahui jenis kecepatan akses internet yang sesuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing pengguna, yang sekiranya sangat penting untuk diketahui mengingat kini sudah ada banyak cara agar perangkat yang kita gunakan dapat terhubung ke internet.

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi yang dihasilkan, koneksi internet yang sekiranya cepat pastinya sangatlah dibutuhkan sekali kehadiranya demi menunjang aktivitas kalian dalam melakukan kegiatan sehari-harinya, seperti streaming, download, sampai untuk urusan browsing yang kesemuanya bisa kalian lakukan dengan nyaman, oleh sebab itu, ada lima jenis kecepatan akses internet yang sudah semestinya harus kalian ketahui.

Fiber

Adapun, fiber sendiri adalah jenis koneksi internet yang paling populer dan menjadi koneksi internet tercepat saat ini, jenis koneksi ini termasuk kedalam teknologi yang memanfaatkan kabel serat optik yang dianggap mampu untuk mendownload dengan lebih cepat dalam waktu yang relatif singkat, namun sayangnya, fiber internet masih belum banyak dimanfaatkan penggunaannya oleh sebab dari terbatasnya fasilitas yang dikarenakan juga oleh masih mahalnya biaya untuk penginstalasian jaringannya tersebut.

Kebanyakan dari layanan fiber internet, yang salah satunya adalah Google Fiber, sanggup memiliki kecepatan download hingga 1000 Mbps atau I Gbps, yang mana, dengan kecepatan seperti itu kalian bisa mendownload serial Netflix yang sedang hits hanya dalam waktu 6 detik saja, bahkan game yang cukup berat semacam World of Warcraft saja bisa kalian download hanya dengan membutuhkan waktu sekitar 2,7 menit saja, begitu cepat bukan!

Kabel

Jenis kecepatan akses internet yang satu ini juga masih menjadi salah satu yang sangat diminati oleh sebagian kalangan pengguna layanan internet, dimana, angka rata-rata kecepatan download yang mampu dihasilkan oleh koneksi internet yang mengandalkan kabel adalah 4 – 20 Mbps, merupakan angka yang cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan internet kalian setiap waktu.

Perlu kalian ingat, jika kecepatan akses internet dari kabel terkadang menjadi tidak stabil apabila jaringannya banyak digunakan pada waktu hampir bersamaan, namun sistem internet kabel bisa jadi pilihan terbaik bagi kalangan keluarga karena bisa mendapatkan bundle TV dan internetnya sekaligus.

Mobile (seluler)

Jenis kecepatan akses internet yang satu ini merupakan jenis kecepatan internet yang dipergunakan oleh hampir sebagian besar pengguna internet saat ini, cukup lumrah untuk koneksi internet yang diperoleh dari perangkat seluler yang melalui sinyal GSM maupun CDMA yang memungkinkan kalian untuk bisa mengakses koneksi internet dimana saja dan kapan saja.

Keuntungan yang bisa kita peroleh dari menggunakan sistem internet melalui mobile sudah menggunakan jaringan seluler terbaru, seperti 3G, 4G dan 5G, dimana, dengan jaringan 4G yang memiliki kecepatan downloadnya berada diangka rata-rata hingga 9,8 Mbps yang memungkinkan kalian untuk bisa mendapatkan kualitas internet yang lebih baik dan cepat, bahkan, jaringan semacam ini sekaligus juga menawarkan keamanan, keselamatan, serta privasi yang lengkap.

Beragam Jenis Kecepatan Akses Internet Kantor
Beragam Jenis Kecepatan Akses Internet Kantor

Nirkabel (Wifi)

Sama seperti namanya, dimana Wifi juga tidak menggunakan bantuan saluran telepon ataupun kabel untuk dapat terkoneksi dengan internet, akan tetapi, untuk dapat terhubung dengan internet, wifi memanfaatkan frekuensi dari gelombang radio dengan router yang berperan sebagai hop untuk membagi koneksi internet berkecepatan tinggi.

Pada saat terhubung ke perangkat, kecepatan akses internet yang bisa ditransmisikan oleh wifi dapat menembus angka sebesar 20 Mbps, belum lagi dengan status koneksi wifi yang pada umumnya tidak terbatas, maka memungkinkan kalian semua untuk menggunakan dan mengakses koneksi internetnya dimana saja asalkan masih dapat terhubung dengan modem wifi yang digunakannya.

DSL (Digital Subscriber Line)

DSL atau Digital Subscriber Line menggunakan teknologi Wireline Transmission guna mentransmisikan data melalui saluran telepon yang terpasang di rumah dan kantor, dan tak perlu khawatir, jenis ini tidak mengganggu saluran telepon yang ada, sehingga kalian bisa berinternetan sambil menggunakan saluran telepon.

Adapun DSL itu sendiri memiliki kecepatan downloadnya sekitar 768 Kbps – 6 Mbps, serta kecepatan uploadnya yang sebesar 128 Kbps – 768 Kbps, yang mana, angka tersebut dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalian berinternet seperti, web browsing, cloud backup, serta file sharing, kendati jenis kecepatan akses internet semacam ini sudah jarang digunakan lagi.

Beragam Jenis Kecepatan Akses Internet Kantor kita
Beragam Jenis Kecepatan Akses Internet Kantor kita

Dari beberapa macam jenis kecepatan akses internet yang sudah dijelaskan tadi, wifi masih tetap menjadi andalan dari banyak pengguna, terlebih lagi jika bisa dinikmati secara gratis dan sepuasnya.

 

 

Kontak Kami