Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
Beberapa-trik-Mempercepat-Internet-Broadband-di-Rumah-dari-perusahaan-penyedia-jasa-layanan-internet

Beberapa trik Mempercepat Internet Broadband di Rumah dari perusahaan penyedia jasa layanan internet

Work From Home atau malakukan pekerjaan kantor dari rumah merupakan hal yang harus dilakukan oleh banyak pekerja kantor saat ini Penerapan work from home tersebut muncul manakala negeri ini tengah dilanda sebuah wabah virus Covid-19 atau lebih dikenal dengan sebutan corona, yang memaksa seluruh pekerjanya untuk melakukan pekerjaan kantornya di rumah.

Sudah dapat dipastikan jika pada kondisi yang seperti ini, koneksi internet yang cepat dan stabil merupakan suatu hal yang sangat penting. Oleh sebab, tak hanya sekedar untuk hiburan saja, tetapi, juga demi memperlancar jalannya pekerjaan.

Akan tetapi, tahukah kalian jika semakin banyak orang yang tetap di rumah, maka, beban koneksi internet tentunya juga akan semakin besar. Untuk menyiasati hal tersebut, berikut ini adalah cara atau trik mempercepat koneksi internet broadband di rumah.

 

  1. Mengurangi Beban Pemakaian Koneksi Internet Rumah

 

Langkah awal yang dapat kalian lakukan guna menjadikan koneksi internet rumah lebih cepat adalah dengan sedikit mengurangi beban pemakaiannya. Yang dimaksudkan adalah, jumlah perangkat yang menggunakan koneksi internet rumah. Sebagai perumpamaan, jika seandainya perusahaan penyedia jasa layanan internet  yang kalian gunakan adalah sebuah kapal kecil, dapat dipastikan kapal tersebut akan tenggelam bilamana terlalu banyak mengangkut muatan yang tidak sesuai dengan kapasitasnya.

 

Apabila kalian memiliki lebih dari satu perangkat yang terhubung dengan internet, kalian dapat memastikan perangkat mana yang kalian gunakan tersebut. Pasalnya, tablet atau ponsel yang terhubung dengan internet akan tetap menjalankan background process. Jika memang tidak perlu, usahakan untuk tidak dihubungkan dengan internet. Dipastikan, koneksi internet yang kalian gunakan akan terasa semakin cepat.

 

Usahakan untuk tidak terlalu banyak menyalakan piranti lunak yang dirasa tidaklah perlu, oleh sebab, hal tersebut menjadi salah satu faktor yang dapat membebani koneksi internet.

 

  1. Jauhkan Router Dari Perangkat Elektronik dan Reboot Perangkat Secara Berkala

 

Jangan menaruh router di dekat perangkat elektronik, oleh karena, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada perangkat elektronik. Adapun beberapa perangkat elektronik yang dapat menimbulkan gangguan tersebut seperti, Televisi, speaker, bahkan telepon pun harus jauh dari letak posisi router berada.

 

Tentunya tidak semua orang mengetahui, jika ,me-reboot router secara rutin dapat memperbaiki koneksi internet kantor yang lambat. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu rutin me-reboot perangkat yang kalian gunakan tersebut.

 

  1. Cek Kecepatan Koneksi Secara Rutin

 

Biasakan untuk selalu mengecek kecepatan internet kantor kalian dengan layanan speed test yang keberadaannya sudah dapat kalian temukan secara gratis ataupun online.

 

Mengecek kecepatan internet penting untuk mengetahui apakah kalian mendapatkan kecepatan yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa layanan internet. Hal tersebut juga untuk megetahui secara pasti apakah ada yang salah dengan koneksi yang kalian gunakan atau tidak.

 

Sudah banyak dijumpai aplikasi-aplikasi, seperti halnya speedtest.net yang kehadirannya telah menyediakan jasa pengukuran kecepatan internet yang kalian gunakan. Pastikan untuk tetap menjaga ping rendah, sementara kecepatan unduh dan unggahnya tetap tinggi.

 

  1. Ganti Router yang Sudah Tidak Layak Pakai

 

Bilamana kalian sudah berlangganan dengan salah satu layanan sejak 2010 dan belum mengganti router hingga pada saat sekarang ini, ada baiknya jika kalian mempertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

 

Dengan cara tersebut, dipastikan kalian akan mendapatkan versi yang terbaru yang lebih cepat dibandingkan dengan router lama yang telah kalian gunakan sebelumnya.

 

Jangan ragu untuk segera menghubungi perusahaan penyedia jasa layanan internet yang kalian gunakan untuk memperbarui router yang kalian miliki. Dan pastinya akan ada beberapa ketentuan yang harus disepakati ulang serta harga yang dibayar untuk memperbarui router kalian.

 

  1. Router Kabel Lebih Baik Dibanding Nirkabel

 

Apabila  kalian sudah memutuskan untuk memperbarui router yang kalian gunakan sebelumnya, kalian hanya tinggal memutuskan untuk memilih mana yang paling baik antara router nirkabel atau kabel.

 

Terkadang ada yang beranggapan bahwa jenis internet wireless dianggap sebagai jenis yang terbaik karena dianggap sudah sesuai dengan perkembangan zaman. Akan tetapi tidaklah begitu kiranya dalam hal ini, dimana, selain lebih murah, router kabel menawarkan koneksi internet kantor yang jauh lebih handal dan cepat dibandingkan dengan router jenis nirkabel.

 

Sebelum memilih router kabel, pastikan dahulu untuk melihat no “Cat”nya. Nomor cat yang terdaftar pada kabel router yang akan kalian beli adalah mulai dari 5 hingga 8. Semakin besar nomornya, maka akan semakin tinggi kecepatan transmisi dan bandwidth yang nantinya akan kalian dapat.

 

  1. Gunakan Penguat Sinyal

 

Seandainya kalian ingin memperkuat koneksi internet kantor pada router yang kalian miliki, maka kalian bisa mempertimbangkan untuk melengkapinya dengan penguat sinyal, atau Wifi extender.

 

Kalian tinggal memasangnya ditempat yang sekiranya susah untuk mendapatkan sinyal, maka sinyal akan langsung menuju ketempat dimana kalian menyalakannya.

 

  1. Turunkan Resolusi Streaming

 

Apabila kalian suka nonton YouTube atau streaming film, drama, dan hal-hal lainnya, maka kalian juga harus tahu mengenai batas internet yang k alian gunakan. Jika internet yang kalian gunakan tidak memadai untuk menonton film dengan kualitas HD hingga 4K, ada baiknya kalian tidak memaksa untuk menyalakan hingga kualitas HD.

Beberapa-trik-Mempercepat-Internet-Broadband-di-Rumah-dari-perusahaan-penyedia-jasa-layanan-internet
Beberapa-trik-Mempercepat-Internet-Broadband-di-Rumah-dari-perusahaan-penyedia-jasa-layanan-internet

Setidaknya, taruh resolusinya di kisaran 480p atau 720p, oleh sebab, internet pada saat sekarang ini paling tidak masih mampu mendongkrak resolusi hingga 480p.

 

Itulah beberapa cara untuk mempercepat koneksi internet broadband di rumah. Semoga, dari ringkasnya penjelasan tadi dapat menambah sedikit pengetahuan kita semua mengenai apa saja yang berhubungan dengan internet rumah.

salam dari kami selaku perusahaan penyedia jasa layanan internet Semoga bermanfaat,…

 

 

 

Kontak Kami